Wakil Bupati Seluma Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024: Fokus pada Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Rakornas Penanggulangan Bencana
Foto: Wakil Bupati Seluma, Drs. Gustianto pada saat Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024, Acara ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, acara berlangsung di adakan di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (24/4/2024).

Wakil Bupati Seluma Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024: Fokus pada Pengembangan Teknologi dan Inovasi

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA||  Wakil Bupati Seluma, Drs. Gustianto, bersama Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seluma, Hadi Susanto, S.Sos, MM, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2024 yang diadakan di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (24/4/2024). Acara ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Rakornas PB 2024 ini berlangsung selama dua hari, dari 23 hingga 24 April 2024, dengan mengusung tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana”. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen pentaheliks yang meliputi perwakilan dari kementerian dan lembaga, anggota DPR-RI, duta besar dari negara sahabat, kepala daerah, BPBD provinsi, unsur pimpinan TNI dan Polri, BPBD kabupaten/kota, akademisi, praktisi, perwakilan dunia usaha, media, serta organisasi masyarakat.

Kehadiran Wakil Bupati Seluma dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seluma di acara ini menunjukkan komitmen kuat daerah dalam meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana. Dengan mengikuti Rakornas PB 2024, mereka bertujuan untuk memperoleh wawasan lebih lanjut mengenai pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi dalam penanganan bencana yang efektif.

Rapat ini menjadi wadah penting bagi semua peserta untuk saling bertukar informasi dan strategi terbaik dalam mitigasi bencana, serta memperkuat kerja sama antar lembaga dan instansi terkait, baik di tingkat nasional maupun internasional. Keterlibatan dari berbagai unsur pentaheliks ini juga memfasilitasi diskusi lintas sektor yang mendalam tentang peningkatan kebijakan dan praktik penanggulangan bencana di Indonesia.

Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan bagi daerah untuk memperkenalkan dan mengusulkan program-program inovatif yang telah atau akan diterapkan di tingkat kabupaten, khususnya dalam hal penanggulangan bencana. Inisiatif ini penting untuk memastikan bahwa seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah, lembaga negara, sektor swasta, akademisi, dan media, bekerja sama secara efektif dalam mempersiapkan dan merespon segala bentuk bencana.

Rakornas PB 2024 juga mendukung pencapaian target-target strategis nasional dalam pengurangan risiko bencana, yang sesuai dengan kerangka kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030. Ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan standar dan operasional respons bencana yang tidak hanya efektif tetapi juga inovatif, memanfaatkan kemajuan teknologi terkini.

Partisipasi Wakil Bupati Seluma dan timnya di acara ini menandai langkah penting dalam upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa Kabupaten Seluma siap menghadapi segala bentuk bencana dengan sumber daya yang lebih baik dan sistem yang lebih tangguh. Kegiatan seperti Rakornas PB memberikan peluang bagi semua pihak untuk berkontribusi secara aktif dalam pembangunan sistem penanggulangan bencana yang lebih terintegrasi dan efisien di masa depan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *