Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Wakil Bupati Bengkulu Selatan
Foto: Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa'i Tajuddin saat menjadi Inspektur Upacara hari kesaktian pancasila 2023, minggu, (1/10/23).

Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila: Semangat Generasi Muda untuk Indonesia Maju

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU SELATAN – Wakil Bupati Bengkulu Selatan, H. Rifa’i Tajuddin, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar pada 1 Oktober 2023 di Lapangan Kantor Bupati Bengkulu Selatan. Upacara yang diselenggarakan oleh sejumlah tokoh dan instansi ini bertujuan untuk memperingati hari bersejarah ini dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”.

Dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini, peserta upacara tidak hanya terdiri dari aparat pemerintah, seperti Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni, aparat TNI dan Polri, serta ASN, tetapi juga melibatkan pelajar dan mahasiswa. Kehadiran generasi muda dalam acara ini menunjukkan semangat mereka dalam menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai landasan ideologi bangsa.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Foto: Seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah kabupaten bengkulu selatan saat mengikuti acara Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023, juga di hadiri dari seluruh Forkominda dan juga mahasiswa dan pelajar, upacara berlangsung di halaman Kantor Bupati pada hari minggu, (1/10/23).

Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang dalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurut Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifa’i Tajuddin, Pancasila adalah satu-satunya pandangan hidup yang mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

“Peringatan ini sangat penting mengingat Indonesia pernah menghadapi tantangan berupa upaya menggantikan Pancasila dengan ideologi lain di masa lalu.” Ujarnya.

BACA JUGA: Upacara Khidmat Di Bengkulu Utara, Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2023 dengan Semangat Persatuan

Selain untuk menghormati Pancasila sebagai dasar negara, upacara ini juga merupakan momen untuk mengenang sejarah kelam di mana para pahlawan revolusi gugur akibat kekejaman komunis dalam peristiwa G30S PKI. Peringatan ini menjadi pengingat bagi seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya mempertahankan pelestarian negara NKRI dan menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Wakil Ketua I DPRD Bengkulu Selatan, Juli Hartono, SE, juga ikut berperan dalam rangkaian upacara ini dengan membacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Ikrar ini menjadi bagian penting dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

“Semua Generasi muda diharapkan tetap menjaga kedaulatan negara Indonesia dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi, Indonesia akan terus maju menuju masa depan yang lebih baik.” Tutup Juli.

Editor: (KB1) Share

Iqbal Juniko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *