Verifikasi DTKS: Pemkot Bengkulu Validasi Data Melalui Kelurahan

Verifikasi DTKS
Foto: Dinas Sosial Kota Bengkulu, lakukan Verifikasi dan Validasi DTKS Kelurahan Anggut Bawah, pada hari jumat, (8/3/24).

Verifikasi dan Validasi DTKS: Pemkot Jaring Data Melalui Kelurahan

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Dinas Sosial Kota Bengkulu, pada Jumat (8/3/24), mengadakan kegiatan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kelurahan Anggut Bawah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 3 Tahun 2021 tentang DTKS, yang mencakup data warga memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan, dan sumber daya kesejahteraan sosial.

Sahat Marulitua Situmorang, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, menegaskan bahwa kriteria kemiskinan untuk penerima bantuan sosial telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 262 tahun 2022.

BACA JUGA: Penyempurnaan Seleksi DTKS Kota Bengkulu: Upaya Dinsos Salurkan Bantuan Tepat Sasaran

“Tujuannya kami ingin memastikan tidak ada lagi warga yang tidak seharusnya masuk dalam DTKS, seperti mereka yang sudah meninggal, pindah atau sudah mampu, sementara seluruh warga yang memenuhi kriteria kemiskinan diharapkan segera tercatat dalam DTKS,” jelas Sahat.

Ade Zuardi, Lurah Anggut Bawah, menyatakan bahwa musyawarah kelurahan ini merupakan bagian dari penerapan prinsip demokrasi dalam pencapaian keadilan sosial bagi semua lapisan masyarakat.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Melangkah Lebih Maju dengan SIKS-NG: Operator Diberdayakan untuk Meningkatkan Kesejahteraan

“Kami mengundang perwakilan dari semua RT/RW, tokoh masyarakat, SDM PKH, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk aktif berpartisipasi dalam musyawarah kelurahan ini,” ujar Ade.

Babinsa Kelurahan Anggut Bawah, R. Manulang, turut menyampaikan harapannya agar musyawarah berlangsung dengan tertib dan aman.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem: Dinsos Bentuk Posko Bencana 24 Jam

“Kami ingin memastikan tidak ada lagi warga yang tidak berhak menerima bantuan karena sudah pindah tetap tercatat sebagai penerima bantuan di Anggut Bawah,” ungkap R Manulang.

Kegiatan ini dihadiri oleh SDM PKH, Sakti Peksos, TKSK, tokoh masyarakat, tokoh agama, Babinsa, warga Kelurahan Anggut Bawah dan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan, Kegiatan verifikasi dan validasi DTKS ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas distribusi bantuan sosial dan memastikan bahwa bantuan tersebut diterima oleh warga yang benar-benar memerlukan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *