Perpustakaan SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Masuk 6 Besar Nasional dalam Lomba Perpustakaan 2024

Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA 2024
Foto: Tim Juri Lomba Perpustakaan Nasional pada saat mengunjungi Perpustakaan SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah, didampingi Oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, Kepala DPK Bengkulu Tengah Agung Budiyanto juga Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Bengkulu Tengah Wijaya Atmaja, Pada hari kamis, (11/7/24), (Ft/Ist).

Perpustakaan SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Masuk 6 Besar Nasional dalam Lomba Perpustakaan 2024

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU TENGAH|| Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menyelenggarakan Lomba Perpustakaan tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2024, Lomba ini merupakan bagian dari program Perpusnas RI dalam rangka mewujudkan perpustakaan sekolah jenjang pendidikan SMA/SMK/MA sebagai perpustakaan rujukan yang dilaksanakan pada Bulan April-Mei Tahun 2024.

Perpustakaan SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah berhasil masuk dalam 6 besar Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2024. Prestasi ini membuat SMA Negeri 1 menjadi salah satu perwakilan Provinsi Bengkulu untuk melaju ke tahap penilaian berikutnya bersama perpustakaan dari provinsi lain di Indonesia.

Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA 2024
Foto: Tim Juri Lomba Perpustakaan Nasional pada saat melihat langsung Perpustakaan Cahaya Ilmu SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah, Pada hari kamis, (11/7/24).

Tim Juri Nasional, yang terdiri dari Ketua Kelompok Kerja Bidang Inovasi dan Transformasi Pembelajaran Direktorat SMA Kemendikbudristek RI Rina Imayanti, S.Si., M.Ak., dan Kepala Perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang, Banten Muhammad Ihsanudin, M.Hum., melakukan visitasi langsung ke SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah pada Kamis, (11/7/24).

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd., Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Bengkulu Tengah Wijaya Atmaja, M.Si., Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Bengkulu Tengah Agung Budiyanto, S.E., M.E., serta jajaran lainnya. Turut hadir pula Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Provinsi Bengkulu, Ketua Tim Juri Provinsi Bengkulu, Kepala SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah, dan para undangan lainnya.

BACA JUGA: Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah Apresiasi Perpustakaan Desa Terbaik

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd., menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2024.

”Pemprov Bengkulu sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2024 ini, Terima kasih kepada Kepala SMA Negeri 1, beserta tim karena perpustakaan SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi yang terbaik di Provinsi Bengkulu dan mewakili Provinsi Bengkulu ke 6 besar tingkat nasional, Terima kasih juga kepada rekan-rekan pendidik yang telah berjuang membangun Bengkulu, Mari sama-sama kita membangun SDM Bengkulu Tengah yang berkualitas,” ujar Kepala DPK Meri Sasdi.

BACA JUGA: Momen Spesial 40 Tahun: SMAN 4 Kota Bengkulu Pamerkan Prestasi di Festival SMA Fiesta ke-XIX

Kepala SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah, Fuji Hartati, M.Pd., Mat., dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan adalah jantung dunia pendidikan.

“Sama seperti jantung pada manusia, perpustakaan juga merupakan jantung bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu, Perpustakaan Cahaya Ilmu SMA Negeri 1 Kabupaten Bengkulu Tengah berusaha melakukan transformasi menjadi perpustakaan yang memiliki banyak fungsi, bukan hanya kegiatan peminjaman buku saja, melainkan juga menjalankan fungsi pendidikan, fungsi penelitian, fungsi rekreasi dan fungsi informasi,” kata Kepsek Fuji Hartati.

Tim juri nasional memberikan apresiasi tinggi atas upaya yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Cahaya Ilmu. Mereka mengakui bahwa perpustakaan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pendidikan di sekolah.

BACA JUGA: Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Bengkulu: Sambangi Sekolah dan LP

“Kami sangat terkesan dengan berbagai program yang telah dijalankan oleh Perpustakaan Cahaya Ilmu, Inovasi-inovasi yang dilakukan sangat menginspirasi dan dapat menjadi contoh bagi perpustakaan lain di Indonesia,” ujar Rina Imayanti.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Bengkulu Tengah, Agung Budiyanto, juga menambahkan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, perpustakaan, dan dinas terkait.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara semua pihak, Kami akan terus mendukung Perpustakaan Cahaya Ilmu agar dapat terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Kabupaten Bengkulu Tengah,” kata Agung Budiyanto. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *