Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII di Bengkulu Fokus pada Isu Ekonomi Hijau dan Kesejahteraan Sosial

Hari Otonomi Daerah
Foto: Pj Sekda Kota Bengkulu, Eka Rika Rino pada saat menjadi inspektur Upacara Hari Otonomi Daerah dan sekaligus membacakan pesan dari Menteri Dalam Negeri, Upacara Berlangsung di halaman Kantor Walikota Bengkulu pada hari kamis, (25/4/24).

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII di Bengkulu Fokus pada Isu Ekonomi Hijau dan Kesejahteraan Sosial

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu baru-baru ini mengadakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024. Acara ini berlangsung di kantor Walikota Bengkulu pada Kamis, 25 Mei 2024, dengan dihadiri oleh unsur Forkopimda, beberapa Kepala Instansi Vertikal, serta pejabat eselon II dan III dari Pemkot Bengkulu.

Upacara ini dipimpin oleh Pj Sekda Kota Bengkulu, Eka Rika Rino, yang bertugas sebagai inspektur upacara. Hari Otonomi Daerah, yang diperingati setiap tanggal 25 April, pada tahun ini mengusung tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’.

Hari Otonomi Daerah
foto: Upacara Hari Otonomi Daerah Bengkulu diikuti oleh Seluruh ASN Kota Bengkulu, Upacara berlangsung di Halaman Kantor Walikota Bengkulu pada hari Kamis (25/4/24).

Dalam sambutannya, Eka Rika Rino membacakan pesan dari Menteri Dalam Negeri yang mengajak semua daerah untuk fokus dalam menangani isu-isu penting seperti inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrem. Eka menekankan bahwa setiap daerah harus mengambil langkah konkret dan berinovasi untuk dapat mengurangi angka inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrem.

Lebih lanjut, Eka mengungkapkan bahwa di Kota Bengkulu, tiga isu tersebut merupakan fokus utama pemerintah kota, yang didukung oleh berbagai program kebaikan yang telah dilaksanakan.

“Kita telah menjalankan semua amanat tersebut dan sudah dilaksanakan dengan baik, tinggal lagi peningkatannya, Kalau terkait inflasi itu memang kadang naik turun, namun kita masih dalam kondisi aman dan kita terus menggalakkan berbagai upaya untuk menanganinya,” jelas Pj Sekda Eka Rika Rino.

Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program yang telah dijalankan. Hal ini terbukti dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Bengkulu yang mencapai angka 81,45 persen. Angka stunting di kota ini juga mencatatkan 12,9 persen, yang berada di bawah rata-rata nasional, menunjukkan progres positif dalam penanganan masalah stunting.

“Semua ini menandakan kemajuan bagi Kota Bengkulu, ini juga prestasi kita semua, prestasi seluruh warga Kota Bengkulu,” tegas Eka.

Upacara ini tidak hanya menjadi momen untuk memperingati hari penting dalam pemerintahan daerah tetapi juga sebagai refleksi atas langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Komitmen untuk terus memperbaiki kondisi ekonomi dan sosial ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah dalam menerapkan prinsip otonomi daerah yang sehat dan bertanggung jawab. Melalui kerja sama yang solid antara pemerintah daerah dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan sektor swasta, diharapkan setiap tantangan yang ada bisa diatasi secara efektif.

Dengan semangat otonomi daerah, Pemkot Bengkulu terus berupaya mewujudkan visi ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat sebagai pondasi utama dalam setiap pengambilan kebijakan dan implementasi program, demi masa depan Kota Bengkulu yang lebih baik dan berkelanjutan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *