Penyelenggaraan FGD RPJPD 2025-2045 oleh Bupati Bengkulu Utara

FGD Kabupaten Bengkulu Utara
Foto: FGD Kabupaten Bengkulu Utara yang di buka oleh Asisten III Dr.Agus Haryanto rabu (27/9/23).

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2025-2045: FGD Penting di Kabupaten Bengkulu Utara

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU UTARA – Bupati Bengkulu Utara (BU) yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. Agus Haryanto, SE, MM, menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang sangat penting. FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan krusial serta isu-isu strategi dalam proses penyusunan rencana awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten BU untuk periode 2025-2045. Acara ini berlangsung dengan semarak di Ruang Command Center pada hari Rabu, 27 September 2023.

Dalam panduan yang disampaikan oleh Dr. Agus Haryanto, SE, MM, aktivitas ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Proses perencanaan pembangunan memiliki empat tahap kunci, yaitu perencanaan, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan rencana, dan evaluasi pelaksanaan rencana.

FGD Kabupaten Bengkulu Utara
Foto: Pemkab Bengkulu Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk mengindentisifikasi RPJPD 2025-2045, di hadiri oleh Forkominda dan Perwakilan OPD di lingkungan pemda bengkulu utara, acara berlangsung di Command Center pada hari rabu (27/9/23).

Semua langkah ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 mengenai tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah. Ini juga berlaku untuk evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan RPJPD, serta perubahan dalam rencana pembangunan,” jelasnya.

Maksud utama dari penyusunan RPJPD adalah untuk memberikan dasar yang kokoh dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi daerah tersebut. Dokumen ini merupakan langkah awal yang penting dalam proses perencanaan.

BACA JUGA: Rapat Entry Meeting Kabupaten Bengkulu Utara Terus Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah

“Kami berharap melalui FGD ini kita dapat mengintegrasikan isu-isu permasalahan dengan baik dan membicarakannya secara seksama,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) yang mengungkapkan isu-isu strategi serta mengidentifikasi masalah. Diskusi pun berlanjut dengan upaya mencapai kesepakatan mengenai permasalahan dan isu-isu strategi yang telah diidentifikasi. Semua ini adalah langkah-langkah penting dalam proses pembangunan yang bertujuan untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Bengkulu Utara ke depan.(**)

Editor: (KB1) Share

Mangcek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *