Penutupan TMMD Ke-120 Tahun 2024: Pemkab Bengkulu Utara Mengejar Pembangunan Berkelanjutan

Penutupan TMMD 120 Bengkulu Utara
Foto: Acara Upacara Penutupan TMMD 120 Bengkulu Utara, oleh Danrem 041/GAMAS Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen (tengah) sekaligus Penyerahan hasil pekerjaan seluruh pembangunan telah mencapai 100 persen selesai kepada pemerintah Bengkulu Utara, Acara berlangsung di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun pada Jumat (7/6/2024), (Ist).

Penutupan TMMD Ke-120 Tahun 2024: Pemkab Bengkulu Utara Mengejar Pembangunan Berkelanjutan

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU UTARA|| Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, diwakili oleh Sekretaris Daerah H Fitriyansyah, S.STP., M.M., turut serta dalam acara Penutupan TMMD 120 Tahun 2024, yang diselenggarakan di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun pada Jumat (7/6/2024).

Upacara Penutupan TMMD 120 tersebut dipimpin oleh Danrem 041/GAMAS Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen sebagai inspektur upacara, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, serta undangan lainnya.

BACA JUGA: Bupati Bengkulu Utara Resmikan Program TMMD ke-120

TMMD yang berlangsung selama 30 hari sejak 8 Mei hingga 6 Juni 2024 mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Penutupan TMMD Ke-120 Tahun 2024 Kodim 0423/Bengkulu Utara di Desa Bukit Tinggi ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Naskah Hasil TMMD dari Kodim 0423/Bengkulu Utara kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, dilanjutkan dengan pemberian tanda peserta TMMD oleh Danrem 041/Gamas.

Dalam penyerahan hasil pekerjaan tersebut, seluruh pembangunan telah mencapai 100 persen selesai. Berbagai proyek fisik seperti pembukaan badan jalan sepanjang 3 km, pengoralan dan pengerasan jalan sepanjang 3 km, pembangunan jalan rabat beton, pembangunan sumur bor 1 titik, rehabilitasi posyandu 1 unit, pembangunan 2 unit rumah tidak layak huni, serta pembangunan tugu prasasti, telah berhasil diselesaikan.

“Kami berharap pembangunan melalui TMMD dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kodim 0423 Bengkulu Utara.

BACA JUGA: TMMD Fokus Perbaiki Akses Jalan di Kota Bengkulu

Selain proyek fisik, berbagai kegiatan non-fisik seperti donor darah, sunatan massal, pengobatan massal, pembagian sembako, serta penyuluhan membangun karakter masyarakat dan pemuda, bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, pertanian, dan kamtibmas, serta acara nobar film perjuangan, telah berhasil direalisasikan dengan 100 persen.

Danrem 041/GAMAS Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, sebagai inspektur upacara, membacakan amanat Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Mohamad Naudi Nurdika, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan serentak di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Barat dan Kabupaten Muara Enim (Sumsel).

Program TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 Tahun Anggaran 2024 merupakan program lintas sektor yang melibatkan Pemda, Polri, instansi terkait, dan masyarakat setempat, dengan tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di daerah.

BACA JUGA: Rakornis TMMD Diharapkan Bisa Percepat Pembangunan di Daerah

“Terutama pembangunan infrastruktur untuk membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesehatan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan tetap terpeliharanya ke manunggalan TNI rakyat, hal ini selaras dengan tema yang diangkat pada TMMD ke 120 tahun 2024 ini yaitu dharma bakti dan TMMD mewujudkan percepatan pembangunan di wilaya,” ujar Danrem.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, H. Fitriyansyah, S.STP., M.M., yang mewakili Bupati Bengkulu Utara, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kodim 0423 Bengkulu Utara.

“Ini merupakan perjuangan kita bersama, kegiatan TMMD ini sangat membantu pemerintah daerah, tentu ini kita harapkan terus dilanjutkan dalam upaya kita mensejahterakan masyarakat. Semoga jalan yang sudah dibuka sepanjang 3 kilometer, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bukit Tinggi,” tutup Sekda. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *