Pentingnya Keamanan dalam Sistem Pembayaran Digital: Waspada Terhadap Potensi Penipuan

Sistem pembayaran digital
Foto: Ketua BKOW Provinsi Bengkulu, Anita Andriani Rosjonsyah (Kerudung Merah Jambu) pada saat menghadiri acara Sosialisasi Sistem Pembayaran Digital yang digelar di Aula H. Mochtar Azeri Graha Bank Bengkulu Lantai 7, pada hari Selasa (25/6/2024), (Ft/Ist).

Pentingnya Keamanan dalam Sistem Pembayaran Digital: Waspada Terhadap Potensi Penipuan

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat, sistem pembayaran digital menjadi salah satu inovasi utama yang mengalami perubahan dan pembaruan secara terus-menerus. Penggunaan sistem ini terus meningkat seiring dengan banyaknya layanan yang tersedia dan kemudahan dalam penggunaannya.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya, sistem pembayaran digital memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus datang langsung ke bank atau tempat pembayaran lainnya. Cukup dengan menggunakan perangkat gawai dan koneksi internet, pengguna dapat melunasi tagihan, membeli produk, atau melakukan transfer dana dengan cepat, mudah, dan aman.

BACA JUGA: Gubernur Bengkulu Pimpin RUPSLB Bank Bengkulu Penambahan Komisaris Baru

Ketua BKOW Provinsi Bengkulu, Anita Andriani Rosjonsyah, menyambut baik perkembangan ini dan mengapresiasi inovasi dalam sistem pembayaran digital. Dalam berbagai kesempatan, Anita menegaskan pentingnya untuk tetap waspada dan berhati-hati saat menggunakan layanan pembayaran digital.

”Bisnis online semakin menarik dan memudahkan kita dalam bertransaksi, Hanya dengan sekali klik, barang yang kita beli dapat sampai di depan pintu rumah kita, Namun kita juga harus bijak dalam menggunakan pembayaran digital ini, Kita perlu waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mungkin terjadi, Jika tidak hati-hati, saldo rekening kita bisa habis dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Anita pada acara Sosialisasi Sistem Pembayaran Digital yang digelar di Aula H. Mochtar Azeri Graha Bank Bengkulu Lantai 7, pada hari Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA: Penambahan Komisaris Baru untuk Meningkatkan Kinerja Bank Bengkulu dalam RUPS-LB 2024

Salah satu aspek penting yang ditekankan oleh Anita adalah keamanan dalam melakukan transaksi digital. Meskipun sistem pembayaran digital menawarkan kemudahan, namun risiko keamanan tidak boleh diabaikan. Anita mengingatkan bahwa pengguna harus selalu memastikan bahwa mereka menggunakan platform pembayaran yang terpercaya dan aman.

“Jangan sampai tertipu oleh penawaran yang terlalu menggiurkan, Selalu pastikan bahwa kita menggunakan aplikasi atau situs web resmi dari penyedia layanan pembayaran digital yang terpercaya, Perhatikan juga informasi mengenai kebijakan privasi dan keamanan yang diberikan oleh penyedia layanan,” tambahnya.

Acara sosialisasi seperti yang diadakan di Bank Bengkulu ini juga menjadi sarana penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara menggunakan pembayaran digital secara bijak dan aman. Anita menggarisbawahi pentingnya meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat agar dapat memanfaatkan teknologi ini dengan optimal tanpa harus mengorbankan keamanan pribadi.

BACA JUGA: Kunjungan Kerja Bank Bengkulu ke Pemkab Bengkulu Tengah: Tingkatkan Sinergi untuk Pelayanan Masyarakat

“Kami terus mengadakan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keamanan dalam bertransaksi digital, Edukasi ini penting untuk mengurangi risiko penipuan dan kehilangan dana akibat serangan cyber,” papar Anita.

Namun demikian, tantangan juga hadir dalam pengembangan sistem pembayaran digital. Selain risiko keamanan, tantangan lainnya termasuk adopsi teknologi oleh masyarakat yang masih perlu ditingkatkan serta regulasi yang perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *