Pemprov Bengkulu Gelar Aksi Penanaman Pohon dan Peluncuran Buku Anak: Upaya Tanggap terhadap Krisis Iklim

Aksi Penanaman Pohon Bengkulu
Foto: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada saat Melakukan Penanaman Pohon secara simbolis, dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, acara berlangsung di sisi parkiran Bencoolen Mall pada Rabu (12/6/2024), (Ist).

Pemprov Bengkulu Gelar Aksi Penanaman Pohon dan Peluncuran Buku Anak: Upaya Tanggap terhadap Krisis Iklim

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Pemerintah Provinsi Bengkulu menunjukkan kepeduliannya terhadap krisis iklim dengan melakukan aksi penanaman pohon. Aksi ini dimulai secara simbolis oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang menanam pohon eru atau cemara laut di sisi parkiran Bencoolen Mall pada Rabu (12/6/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Gubernur Rohidin menekankan bahwa penyelesaian krisis iklim memerlukan inovasi dan prinsip keadilan. Aksi nyata yang dilakukan mencakup restorasi lahan, penghijauan, dan peningkatan ketahanan terhadap kekeringan. Kegiatan ini melibatkan partisipasi dari masyarakat, akademisi, komunitas lingkungan, pelajar, dan berbagai pihak lainnya. Selain penanaman pohon, dilakukan juga pembagian bibit alpukat yang kemudian ditanam untuk mendukung pemulihan lahan yang terdampak.

BACA JUGA: Penanaman Pohon di Denzipur 14/GB Peringati HUT ke-78 Korem/041 Garuda Emas

Selain aksi penanaman pohon, pada kesempatan ini, Gubernur Rohidin juga meluncurkan buku seri anak yang mengangkat tema lingkungan dan adat istiadat Bengkulu. Buku ini memperkenalkan empat tokoh utama yang terinspirasi dari kearifan lokal Bengkulu. Mereka adalah Dolila, yang mengambil nama dari alat musik Dhol; Taboti, yang diambil dari Tabot; Oldi, yang diambil dari bunga Rafflesia Arnoldi; serta Bocan, yang merupakan akronim dari Bengkulu Cantik.

Aksi penanaman pohon menjadi bagian penting dalam upaya mitigasi terhadap perubahan iklim. Penanaman pohon tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga untuk kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat. Pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, serta menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

BACA JUGA: Gerakan Bersama Penanaman Pohon Serentak, Wagub Bengkulu: Wujudkan Kelestarian Lingkungan

Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan. Setiap individu diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam demi masa depan yang lebih baik. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait menjadi kunci dalam mencapai tujuan bersama untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, peluncuran buku seri anak yang mengangkat tema lingkungan dan budaya lokal Bengkulu juga menjadi langkah penting dalam mengedukasi generasi muda tentang pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan budaya lokal. Melalui cerita-cerita yang menarik dan menghibur, diharapkan anak-anak dapat memahami nilai-nilai lingkungan dan budaya sejak dini, serta menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA: Pemprov Bengkulu Dukung Penanaman 10 Juta Pohon: Aksi Nyata Kepolisian RI dan Kementerian PMK Dalam Pelestarian Lingkungan

Dengan demikian, aksi penanaman pohon dan peluncuran buku seri anak merupakan langkah konkret dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan budaya Bengkulu. Melalui kesadaran dan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang sehat dan lestari, serta generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap masa depan bumi. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *