Pemkot Bengkulu Transformasi Pasar Panorama Menjadi Pusat Perbelanjaan Modern

Pasar Panorama
Foto: Satpol PP Kota Bengkulu pada saat menertibkan Pasar Panorama beberapa waktu lalu, (Ist/qq).

Pemkot Bengkulu Transformasi Pasar Panorama Menjadi Pusat Perbelanjaan Modern

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah merencanakan perubahan besar pada Pasar Panorama, dengan tujuan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan modern yang tertib, bersih, dan rapi, Langkah ini mendapat dukungan penuh dari berbagai instansi pemerintah kota, terutama Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Gita Gama Raniputera, Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, menjelaskan bahwa Satpol-PP terus melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Pasar Panorama.

BACA JUGA: HUT Satpol PP ke-74: Mendagri Sebut pilar utama penegakan Perda

” Kami mengapresiasi langkah dan upaya dari Satpol-PP dalam menertibkan kawasan Pasar Panorama, Kita ingin menjadikan Pasar Panorama sebagai sentral perbelanjaan yang memiliki kesan baik, artinya tertib, bersih dan rapi, ” ujarnya pada Selasa, (28/5/24).

Gita Gama Raniputera menambahkan bahwa peningkatan kualitas Pasar Panorama juga mencakup penataan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya.

“ Kita ingin Pasar Panorama bukan hanya dikenal sebagai pusat perbelanjaan, tetapi juga sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu,” tegasnya.

BACA JUGA: Kepala Dinsos vs Pengemis yang Menantang Duel, Satpol PP Segera Bertindak

Untuk mewujudkan Pasar Panorama sebagai ikon Kota Bengkulu, Satpol-PP aktif melakukan sosialisasi dan penertiban terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan. Tujuannya adalah menata Pasar Panorama menjadi pasar yang baik, tertib, bersih, dan aman. Satpol-PP berusaha melakukan upaya persuasif melalui sosialisasi dan pendekatan lainnya agar hal tersebut bisa terwujud.

Kepala Satpol-PP Kota Bengkulu, Yurizal, menjelaskan bahwa penertiban dilakukan terhadap pedagang yang dianggap melanggar ketertiban umum, seperti menggelar dagangan hingga ke tengah jalan atau menggunakan armada angkutan pick-up yang menutupi jalan.

” Penertiban ini terus akan dilakukan guna menjaga kenyamanan dan ketertiban, agar masyarakat dapat berbelanja dengan mudah dan arus transportasi menjadi lancar,” kata Yurizal.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Umumkan Pelaksanaan Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024

Di sisi lain, Kasi Ops Satpol-PP Kota Bengkulu, Asmiliadi, mengungkapkan bahwa pihaknya secara rutin melakukan patroli pada pagi dan malam hari di beberapa tempat yang dianggap mengganggu ketertiban umum.

“Dengan menugaskan satu regu dan satu armada roda empat, kami terus melakukan patroli,” jelasnya.

Salah satu warga, ibu Lina, mengungkapkan rasa senangnya atas penertiban yang dilakukan. “Kami sangat mendukung upaya pemerintah ini, Dengan adanya penertiban, pasar jadi lebih rapi dan kami bisa berbelanja dengan nyaman tanpa harus berdesak-desakan di jalan yang sempit,” katanya.

BACA JUGA: Tokoh Pemuda Menuntut Tegas Satpol PP terhadap Penginapan 88 Mukomuko

Penertiban terhadap PKL ini dilakukan karena Pemkot Bengkulu berencana mengembalikan fungsi lahan parkir sesuai peruntukannya, bukan sebagai area berjualan, Selama ini terdapat dugaan praktik jual beli lahan parkir sebagai lokasi berjualan oleh pedagang di kawasan Pasar Panorama Kota Bengkulu.

Dengan penertiban yang dilakukan secara persuasif, diharapkan para pedagang dapat memahami dan mengikuti aturan yang berlaku, sehingga aktivitas jual beli di Pasar berlangsung tertib, lancar, aman, dan kondusif. Langkah ini tidak hanya menguntungkan pedagang, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja di pasar tersebut. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *