Pemkab Bengkulu Utara Raih Opini WTP Ketujuh Kali Berturut-turut

Opini WTP
Foto: Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian (Tengah) pada saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2023, acara berlangsung di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Bengkulu pada hari Jumat, (3/5/24).

Pemkab Bengkulu Utara Raih Opini WTP Ketujuh Kali Berturut-turut

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU UTARA|| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, yang dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian, bersama Ketua DPRD Bengkulu Utara Sonti Bakara, S.H., menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2023 dengan Raihan Opini WTP, Acara penyerahan ini dilangsungkan di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Bengkulu pada hari Jumat, 03 Mei 2024.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berhasil mencatat prestasi yang membanggakan dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketujuh kalinya berturut-turut sejak tahun 2018. Selain itu, kabupaten ini juga mencetak skor tindak lanjut tertinggi se-Provinsi Bengkulu dengan persentase 91,39%.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim dari BPK atas dedikasi mereka dalam melakukan pemeriksaan dan memberikan bimbingan pada permasalahan yang ditemukan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

”Kami ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada tim BPK yang telah dengan teliti memeriksa dan membimbing kami dalam mengatasi permasalahan di SKPD sehingga kami bisa kembali mempertahankan opini WTP ini untuk ketujuh kalinya,” ujar Sonti Bakara.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, juga menekankan pentingnya menjaga kualitas tata kelola keuangan daerah. Beliau meminta agar semua SKPD di Bengkulu Utara terus bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyusun laporan keuangan yang akurat dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BPK.

“Saya berharap seluruh jajaran pemerintah daerah kita tetap memelihara sinergi dan kolaborasi yang baik dalam penyusunan laporan keuangan, sehingga kita dapat terus mempertahankan predikat WTP ini secara berkelanjutan,” tutur Bupati Mian.

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting lainnya termasuk Sekretaris Daerah Bengkulu Utara, Inspektur Kabupaten Bengkulu Utara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKAD) Bengkulu Utara, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bengkulu Utara.

Prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara ini merupakan bukti dari upaya keras dan dedikasi para pejabat dan staff dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Opini WTP yang diperoleh secara konsisten menunjukkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam menerapkan praktik pengelolaan keuangan yang baik dan benar, yang tentunya akan berdampak positif pada pembangunan dan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Diharapkan keberhasilan ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara untuk terus meningkatkan performa dan efisiensi di semua sektor. Ke depannya, dengan terus mempertahankan standar yang tinggi dalam laporan dan pengelolaan keuangan, Bengkulu Utara berpotensi untuk lebih mempercepat progres pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *