Musrenbang Kabupaten Seluma 2025: Merancang Pembangunan Berkelanjutan dengan Pendekatan Bottom-Up

Musrenbang Kabupaten Seluma 2025
Foto: Bupati Seluma, Erwin Octavian pada saat membuka acara Musrenbang Kabupaten Seluma 2025, acara berlangsung i Gedung Daerah Serasan Seijoan Seluma. pada hari rabu, (27/3/24).

Musrenbang Kabupaten Seluma 2025: Merancang Pembangunan Berkelanjutan dengan Pendekatan Bottom-Up

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA – Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE, meresmikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Seluma Tahun 2025 pada Rabu (27/3/2024), bertempat di Gedung Daerah Serasan Seijoan Seluma. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Forkopimda, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta kepala Bappeda dari berbagai kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Empat Lawang dan Kota Bengkulu. Juga hadir Camat dan para Kepala Desa serta Lurah dari seluruh Kabupaten Seluma.

Kepala Bappeda Kabupaten Seluma, Cahyo Duo Nenda, ST, M.Si, selaku Ketua Pelaksana, melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan sarana untuk mengakomodir usulan program pembangunan di Kabupaten Seluma untuk tahun anggaran 2025. Hal ini mencakup penyediaan data usulan program dan kegiatan sebagai masukan untuk Musrenbang Provinsi Bengkulu dan penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Seluma Tahun 2025.

Musrenbang Kabupaten Seluma
Foto: Acara Pembukaan Musrenbang Kabupaten Seluma 2025, dihadiri Oleh para Asisten Staf Ahli kepala OPD, Badan dan Forkominda, Acara berlangsung di Gedung Daerah Serasan Seijoan Seluma. pada hari rabu, (27/3/24).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merumuskan kesepakatan bersama dalam menentukan langkah strategis pelaksanaan rencana pembangunan di Kabupaten Seluma,” tutur Kepala Bappeda.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Edi Susanto, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Bengkulu mewakili Gubernur Bengkulu, ditekankan bahwa salah satu pendekatan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah adalah melalui pendekatan bottom-up.

BACA JUGA: Musrenbang Kabupaten Bengkulu Tengah 2024: Menatap Pembangunan Jangka Panjang 2025-2045

“Pendekatan bottom-up ini kami laksanakan melalui serangkaian kegiatan Musrenbang, mulai dari tingkat pemerintahan desa, kecamatan, hingga kabupaten dan provinsi dan berakhir pada Musrenbang tingkat nasional,” jelas Kepala Biro Edi Susanto.

Bupati Seluma mengungkapkan rasa terima kasih kepada para kepala desa atas pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa, yang kemudian dilanjutkan ke tingkat kecamatan, dan saat ini di tingkat kabupaten.

BACA JUGA: Forum Konsultasi Publik Rancangan RKPD 2025 Seluma di Gelar

“Tidak lama lagi akan diadakan Musrenbang Tingkat Provinsi Bengkulu dan setelah itu di tingkat nasional,” ucap Bupati.

Beliau juga menyoroti lima program unggulan Kabupaten Seluma, yang mencakup pembangunan infrastruktur, pemberdayaan desa/kelurahan, peningkatan pelayanan publik, kemudahan berinvestasi, dan pengembangan kehidupan beragama dan budaya.

BACA JUGA: Pemkab Bengkulu Utara Gelar Musrenbang RKPD: Masyarakat Berpartisipasi dalam Perencanaan Pembangunan

“Pembangunan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk pemuda, adat, agama dan kaum cendekiawan,” terang Bupati.

Acara kemudian resmi dibuka oleh Bupati Seluma dengan ucapan, “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Musrenbang tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2025,” Ini menandai langkah awal dalam penyusunan rencana pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan untuk Kabupaten Seluma. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *