Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Rapat Forum SDI

Satu Data Indonesia Bengkulu Selatan
Foto: Asisten I Isran Kasiri (Baju Putih) saat membuka acara Rapat Forum Satu Data Indonesia (SDI), sosialisasi, dan peluncuran pembinaan statistik sektoral serta portal satu data Indonesia Kabupaten Bengkulu Selatan, acara berlangsung di Gedung Aula Bappeda Bengkulu Selatan pada Rabu (07/02/24).

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Rapat Forum SDI

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU SELATAN – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pengelolaan data yang lebih efisien, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Rapat Forum Satu Data Indonesia (SDI), sosialisasi, dan peluncuran pembinaan statistik sektoral serta portal satu data Indonesia Kabupaten Bengkulu Selatan. Acara ini diadakan di Gedung Aula Bappeda Bengkulu Selatan pada Rabu (07/02/24) dengan dihadiri oleh berbagai kepala perangkat daerah dan instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bengkulu Selatan, Fariq Hafizh, S.IP., MM, menekankan pentingnya komitmen dan kerjasama dari seluruh komponen organisasi perangkat daerah untuk mendukung tersedianya data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan melalui portal satu data.

Satu Data Indonesia Bengkulu Selatan
Foto: Acara Rapat Forum Satu Data Indonesia (SDI), sosialisasi, dan peluncuran pembinaan statistik sektoral serta portal satu data Indonesia Kabupaten Bengkulu Selatan, acara berlangsung di Gedung Aula Bappeda Bengkulu Selatan pada Rabu (07/02/24).

“Saat ini Diskominfo telah meluncurkan portal satu data Indonesia sebagai wadah dalam mempublikasikan informasi yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, Portal ini dapat diakses melalui link https://data.bengkuluselatankab.go.id/id/,” ungkap Fariq Hafizh.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa pihaknya menargetkan 30 perangkat daerah akan selesai melengkapi data sektoral pada tahun 2024 untuk dimasukkan ke dalam portal SDI. Namun, hal ini memerlukan peran aktif dari semua pihak terkait sebagai produsen data.

BACA JUGA: Tim Sekretariat SDI Kabupaten Seluma Rapat Koordinasi Susun Agenda Kerja Satu Data 2024

Sementara itu, Asisten I Isran Kasiri, S.IP, M. Si, berharap agar tercipta keterpaduan data antarinstansi dan terwujudnya Satu Data Kabupaten Bengkulu Selatan. Menurutnya, hal ini akan memudahkan dalam penyusunan rencana pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

“Diharapkan Forum Satu Data Indonesia (SDI) ini dapat menjadi wadah untuk berkomunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” terang Isran.

Kegiatan rapat forum ini merupakan langkah awal yang penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya pengelolaan data yang terpadu dan terintegrasi. Dengan adanya komitmen bersama dari seluruh pihak terkait, diharapkan implementasi portal satu data Indonesia Kabupaten Bengkulu Selatan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah daerah dan masyarakat secara keseluruhan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Iqbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *