Kelulusan Seleksi Siswa SMANKO Diduga “Abaikan” Rekomendasi Pelatih Cabor, Van Hope: Semua Siswa yang Lulus Rekomendasi Pelatih Cabor

SMANKO Bengkulu
Foto: JALANI TES: Salah satu peserta tes cabor sepakbola SMANKO Bengkulu sedang menjalani serangkaian tes.(foto/ist).

Kelulusan Seleksi Siswa SMANKO Diduga “Abaikan” Rekomendasi Pelatih Cabor,  Van Hope: Semua Siswa yang Lulus Rekomendasi Pelatih Cabor

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Kegiatan seleksi siswa/siswi Sekolah Menengah Keberbakatan Olahraga (SMANKO) Bengkulu tahun ajaran (TA)2024  ditengarai isu tak sedap. Ini terkait dugaan kelulusan para siswa/siswi tak berdasarkan rekom dari pelatih cabang olahraga (cabor).

Kabar yang diterima media ini menyebutkan  di sekolah Keberbakatan Olahraga itu dalam melaksanakan program seleksi siswa/siswi selain– melibatkan unsur tenaga teknis dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), juga   unsur pelatih cabor. Tetapi tahun ini, rekom dari unsur pelatih terkesan “diabaikan”.

BACA JUGA: Peduli Olahraga, Legen Pencak Silat Bengkulu Terima Penghargaan Dari Pemprov Bengkulu

Perlu diketahui SKO Bengkulu membina 14 cabor. Setiap cabor itu yang diterima adalah para  siswa/siswi yang memang betul-betul kompeten sesuai cabornya. Kalau informasi ini benar– patut dipertanyakan. Karena SKO adalah candradimuka bibit atlet berprestasi.

Saat dihubungi via whatsaap salah seorang  panitia seleksi penerimaan siswa/ wi SKO Bengkulu tahun ajaran (TA), 2024 Aswandi, M.Pd, menjelaskan pihaknya hanya sebagai petugas tes fisik. Dan ini dipadukan dengan hasil penilaian dari para  pelatih cabor.

“Yang mengeluarkan kelulusan, Dispora dan SMANKO. Sebaiknya cuba dikonfirmasi lagi kepada dinas teknis. Sampai hari ini (Kamis 6/6/24) saya belum melihat hasil kelulusan. Sebaiknya konfirmasi ke Dispora- SMANKO,” jelas Aswandi, eks Kabid Olahraga Prestasi Dispora Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: O2SN 2024: Siswa SMA/MA Bengkulu Utara Unjuk Gigi di Lima Cabang Olahraga

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu,  Mike Van Hope saat dihubungi melalui whatsaap, menjelaskan. Semua atlet yang diumumkan lolos seleksi itu, masuk dalam rekomendasi pelatih. Silakan tanyakan dengan pelatihnya sendiri.

Kata dia,, proses seleksi siswa/wi SMANKO itu ada lima rangkain testnya, salah satunya test kecaboran yang dilakukan pelatih. Lima test ini, punya pengaruh dalam menentukan kelulusan. Yakni tes fisik, tes kesehatan, tes fisikologi, tes wawancara, tes kecaboran.

“Contoh seandanyo pada tes nomor 5 calon siswa rangking 1,  tapi di 4 test lainnya tidak mendukung. Kira-kira seperti apa. Menurut saya semua proses terkait kelulusan siswa/ wi SMANKO sudah dijalankan dengan baik,” demikian Van Hope.(cek)

Berikut 14 Cabor Binaan SMANKO:

  1. GULAT
  2. TINJU
  3. PENCAK SILAT
  4. TAEKWONDO
  5. WUSHU
  6. PANAHAN
  7. SENAM
  8. PANJAT TEBING
  9. TENIS MEJA
  10. FUTSAL
  11. SEPAKBOLA
  12. SEPAKTAKRAW
  13. BOLA VOLY
  14. BULUTANGKIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *