Implementasi Kelas Rawat Inap Standar di Kota Bengkulu: RSHD Siap Berikan Pelayanan Optimal

Kelas Rawat Inap Standar
Implementasi Kelas Rawat Inap Standar di Kota Bengkulu: RSHD Siap Berikan Pelayanan Optimal, (Ft/Ist).

Implementasi Kelas Rawat Inap Standar di Kota Bengkulu: RSHD Siap Berikan Pelayanan Optimal

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Pemerintah Indonesia mulai mengimplementasikan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini diterapkan secara bertahap, dimulai pada tahun ini di Rumah Sakit Pemerintah dan akan menyusul di Rumah Sakit Swasta pada tahun 2025. Tujuan utama dari KRIS adalah untuk memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal dan sesuai standar, tanpa memandang kelas sosial atau kemampuan finansial mereka.

Di Kota Bengkulu, RSUD Harapan dan Doa (RSHD) telah menjalani visitasi oleh Kementerian Kesehatan pada bulan Mei lalu. Berdasarkan hasil visitasi ini, RSHD dinyatakan siap untuk menerapkan KRIS sesuai dengan Perpres nomor 59 tahun 2024 yang merupakan perubahan ketiga atas Perpres nomor 82 tahun 2018. Pj Walikota Bengkulu, melalui Pj Sekda Kota Eko Agusrianto, mengungkapkan bahwa struktur bangunan RSHD telah memenuhi persyaratan untuk KRIS.

BACA JUGA: Dibalik Sukses RSHD: Dedikasi Dr Lista Cherlyviera Sebagai Pemimpin Yang Visioner

“Penerapan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) di RSHD telah dipersiapkan dengan baik. Bangunan dan fasilitas yang ada sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan,” jelas Eko Agusrianto pada Kamis (11/7/24).

Untuk mendukung penerapan KRIS ini, RSHD telah menyiapkan 39 kamar dengan tempat tidur di lantai 3, yang menambah total kapasitas menjadi 177 tempat tidur. Jumlah ini dinilai cukup untuk memenuhi syarat penerapan KRIS dan memastikan bahwa semua pasien mendapatkan pelayanan rawat inap yang layak dan memadai.

BACA JUGA: RSHD Evaluasi Kinerja dan Komitmen Terus Meningkat: Rapat Bersama Pj Walikota Bengkulu dan Dewan Pengawas

Dr. Lista Cherlyviera, Direktur RSHD, menekankan komitmen rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bengkulu. Menurutnya, RSHD terus berupaya mempertahankan berbagai capaian terbaiknya, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan.

“Kunci untuk dicintai masyarakat adalah memberikan pelayanan yang terbaik, Ini adalah komitmen yang harus kita jaga, Bukan hanya sekedar mendapatkan sertifikat atau penghargaan di atas kertas, Namun yang terpenting adalah bagaimana kita memberikan pelayanan paripurna yang nyata kepada pasien,” jelas dr. Lista.

BACA JUGA: Bahagiakan Warga, Sedekah Nasi Bungkus dan Air Minum Terus Berjalan di RSHD

Pelayanan paripurna yang dimaksud adalah pelayanan yang menyeluruh dan menyentuh semua aspek kebutuhan pasien, mulai dari pemeriksaan awal, perawatan selama di rumah sakit, hingga pemulihan pasca rawat inap. Dr. Lista menegaskan bahwa semua staf medis dan non-medis di RSHD telah dilatih dan dipersiapkan untuk mendukung program KRIS ini.

Program KRIS ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Dengan adanya standar yang jelas dan diterapkan secara konsisten, masyarakat diharapkan tidak lagi merasa khawatir akan kualitas pelayanan yang diterima, terlepas dari kelas perawatan yang mereka pilih. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *