Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Berikan Beasiswa S1 untuk Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

Peningkatan Kapasitas Kepala Desa
Foto: Gubernur bengkulu rohidin mersyah acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa, Kamis (21/9/23).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Berikan Beasiswa S1 untuk Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, memiliki rencana untuk memberikan beasiswa Strata 1 (S1) kepada 100 Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh Kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan anggota perangkat desa dalam upaya mewujudkan tata kelola desa yang lebih baik.

Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur Rohidin saat memberikan Arahan dalam acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023 pada Kamis (21/9/2023). Acara ini diadakan atas kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dan Dinas PMD Provinsi Bengkulu.

Peningkatan Kapasitas Kepala Desa
Foto: Gubernur bengkulu rohidin mersyah bersama kepala desa dan perangkat desa dalam acara Bimtek Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa dengan pengurus lembaga Desa P3PD, gubernur memberikan bea siswa Strata (S1) kepada 100 kepala desa di provinsi bengkulu, pada hari kamis (21/9/23).

“Program ini, pada tahun ini kami akan memulai dengan 100 orang, bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT). Kerjasama ini bertujuan untuk membimbing mereka dengan memanfaatkan pengalaman masa lalu. Kepala Desa akan dinilai berdasarkan kemampuannya dalam memimpin dan mengelola keuangan, yang akan menjadi fokus mata kuliah. Dengan demikian, durasi kuliah bisa lebih singkat dari 4 tahun. Anggaran untuk program ini sudah tersedia dan akan dimulai pada tahun ini,” jelas Gubernur Rohidin.

Program ini akan melibatkan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) dan direncanakan dimulai pada tahun 2023 hingga 2026 mendatang. Proses pendaftaran peserta akan dilakukan melalui Dinas PMD Provinsi Bengkulu, dengan seleksi bersama Universitas Terbuka, dan peserta terpilih akan mendapatkan Beasiswa Gubernur Bengkulu.

BACA JUGA: Pemerintah Provinsi Bengkulu Terus Mendorong Penanganan dan Penanggulangan TBC

“Pendaftaran akan dilakukan melalui Dinas PMD, dan nantinya Dinas PMD akan berkoordinasi dengan UT, universitas yang menjalin kerjasama dengan kami. Setelah melalui seleksi, akan ditetapkan berapa orang yang akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Gubernur untuk memulai studi,” tambah Gubernur.

Selain itu, dalam arahannya kepada Kepala Desa dan Perangkatnya, Gubernur Rohidin mengingatkan agar mereka mampu mengidentifikasi potensi dan keunggulan dari desa yang pimpin mereka, baik itu potensi Sumber Daya Alam, prospek pariwisata, maupun potensi wirausaha seperti produk olahan.

“Penting untuk benar-benar mengenali potensi desa tersebut, mengidentifikasi keunggulan desa dari segi Sumber Daya Alam, dan juga mempertimbangkan potensi pariwisata. Jika tidak ada potensi SDA yang menonjol, cobalah untuk mengembangkan kreativitas di desa tersebut. Misalnya, jenis produk makanan olahan yang bisa Diproduksi di desa, sehingga dapat menjadi komoditas unggulan,” pesan Gubernur Rohidin.

Sebagai penutup, Gubernur Rohidin mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. “Ini adalah kegiatan yang sangat positif. Kementerian dalam negeri melakukan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas aparat desa dan kelembagaan desa, yang melibatkan Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD, termasuk perangkat desa dan PKK,” ungkap Gubernur.

Acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023, yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Dinas PMD Provinsi Bengkulu, berlangsung selama 4 hari. Acara ini diikuti oleh 56 Desa dari 4 Kabupaten, yaitu Mukomuko, Bengkulu Tengah, Seluma, dan Kepahiang.(**)

Editor: (KB1) Share

magick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *