Diskominfo Kota Bengkulu Hadiri Forum Smart City 2024 di Bali

Forum Smart City 2024
Foto: Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu Gita Gama pada saat menghadiri acara Forum Smart City 2024 di Bali, Pada hari Senin, (24/6/24), (Ft/MCKB).

Diskominfo Kota Bengkulu Hadiri Forum Smart City 2024 di Bali

KANTOR-BERITA.COM, BALI|| Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu, Gita Gama, bersama Sekretaris Dinas Kominfo Afri Candriani, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Yoki Hardiyatno, Kepala Bidang Hubungan Media dan Teknologi Ariani Ningrum, serta beberapa staf Diskominfo, menghadiri Forum Smart City 2024 yang berlangsung di The Meru Sanur – Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali dari tanggal 24 hingga 27 Juni.

Forum Smart City Nasional tahun ini mengusung tema ‘Transformasi & Inovasi Menuju Indonesia Emas melalui Kota & Kabupaten Cerdas 2024’. Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Pameran Infrastruktur Smart City, yang menampilkan berbagai teknologi cerdas untuk pengembangan kota.

BACA JUGA: Kota Bengkulu Raih Penghargaan Smart City Nasional 2023 dari Kemenkominfo

Forum ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Mahendra Jaya, dan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Sambutan selanjutnya diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Aris Kurniawan.

Forum ini merupakan tindak lanjut dari program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dan Provinsi Cerdas (Smart Province) yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar serta berbagai perusahaan swasta sebagai penyedia teknologi kota cerdas.

BACA JUGA: Bengkulu Menuju Smart City: Transformasi Menuju Masa Depan yang Cerdas dan Modern

Acara ini menghadirkan 514 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia, bersama dengan pemangku kepentingan utama dalam ekosistem Smart City. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi dan mendiskusikan kemajuan teknologi dalam penerapan konsep Smart City di berbagai daerah.

Kegiatan ini ditujukan untuk membahas potensi penerapan teknologi terbaru dalam pengembangan kota dan provinsi cerdas, Selain itu forum ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan adopsi teknologi Smart City, sejalan dengan visi Indonesia Emas.

Kota Bengkulu sendiri memiliki enam pilar utama dalam implementasi smart city, yaitu smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. Dari enam pilar ini, dirumuskan berbagai inovasi yang menjadi program unggulan dalam pengembangan smart city di Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Masterplan Smart City dan Program Unggulan Quick Win

  1. Smart Government: Pilar ini berfokus pada pengembangan sistem pemerintahan yang efisien dan transparan melalui penerapan teknologi informasi. Inovasi dalam bidang ini mencakup digitalisasi layanan publik, peningkatan e-government, dan sistem manajemen berbasis teknologi yang memudahkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat.
  2. Smart Branding: Untuk meningkatkan citra Kota Bengkulu, pilar ini menitikberatkan pada strategi pemasaran yang berbasis teknologi. Dengan memanfaatkan media digital dan platform online, Kota Bengkulu diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi dan wisatawan.
  3. Smart Economy: Pilar ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi berbasis teknologi dengan mendukung sektor UMKM dan start-up. Inovasi di bidang ini mencakup pengembangan platform e-commerce lokal, pelatihan digital bagi pengusaha kecil, dan penciptaan ekosistem bisnis yang inovatif.
  4. Smart Living: Pilar ini berfokus pada peningkatan kualitas hidup warga melalui teknologi. Program unggulan meliputi pengembangan transportasi cerdas, infrastruktur hijau, dan layanan kesehatan digital yang terintegrasi.
  5. Smart Society: Mengedepankan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan kota, pilar ini mengembangkan program-program yang mendorong keterlibatan warga dalam pengambilan keputusan. Teknologi digunakan untuk membangun komunitas yang inklusif dan berdaya saing.
  6. Smart Environment: Pilar ini menitikberatkan pada pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Inovasi mencakup sistem pemantauan kualitas udara, pengelolaan limbah yang efisien, dan energi terbarukan.

Dalam forum tersebut, para peserta dari Kota Bengkulu berdiskusi mengenai berbagai inisiatif dan program yang telah dan akan dijalankan di kota mereka. Mereka juga berbagi pengalaman dan belajar dari kota-kota lain yang telah sukses menerapkan konsep smart city.

Gita Gama, Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, menekankan pentingnya forum ini untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antar daerah dalam mengembangkan smart city.

“Forum ini memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan kota-kota lain. Kolaborasi ini penting untuk mempercepat adopsi teknologi smart city di Kota Bengkulu,” ujar Gita. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *