Bunda PAUD Seluma Kunjungan PAUD/TK dalam Memantau Transisi Ke SD Berjalan Lancar

Kunjungan
Foto: Herawati Erwin Octavian Bunda PAUD pada saat Kunjungan PAUD/TK Kabupaten Seluma pada hari senin, (29/4/24).

Bunda PAUD Seluma Kunjungan PAUD/TK dalam Memantau Transisi Ke SD Berjalan Lancar

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA||  Ny.Herawati Erwin Octavian, yang dikenal sebagai Bunda PAUD Kabupaten Seluma, bersama dengan Dwi Halida Gustianto dari Pokja PAUD, serta tim dari Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, telah melakukan serangkaian kunjungan pendampingan sebagai bagian dari kegiatan SDIDTK yang berlangsung pada Senin, 29 April 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan yang telah dimulai sejak tanggal 22 hingga 26 April 2024.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, tim telah mengunjungi berbagai lembaga pendidikan anak usia dini, termasuk PAUD Bhakti Luhur, PAUD Bintang Abadi, PAUD Cempaka Putih AP, PAUD Mandiri Sejahtera, PAUD Kyara Putri, TK Tarbiyatul Athfal, PAUD Ceria, PAUD Insan Rabani, TK Negeri Pembina dan PAUD Dahlia, Bunda PAUD Herawati menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut dan tim akan mengunjungi lebih banyak PAUD/TK pada minggu ini untuk melihat langsung kegiatan di lapangan.

Kunjungan
Foto: Ny. Dwi Halida Gustianto bersama Pokja PAUD, serta tim dari Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, pada saat mengunjungi TK Tarbiyatul Athfal, pada Senin (29/4/24).

Kegiatan ini didukung secara langsung oleh Tim Kesga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma dan puskesmas di wilayah yang dikunjungi, memastikan bahwa kunjungan berlangsung dengan efektif dan membawa manfaat bagi lembaga-lembaga yang terlibat. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk menjaga hubungan baik dan silaturahmi dengan lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memantau secara langsung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di PAUD/TK tersebut.

”Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah untuk memastikan bahwa transisi dari PAUD/TK ke sekolah dasar (SD) dapat berjalan lancar, kita menekankan pentingnya periode transisi ini dalam pendidikan dasar karena memberikan dasar yang kuat bagi anak-anak untuk sukses di tingkat pendidikan berikutnya, Dengan memantau langsung kegiatan di PAUD/TK, tim dapat menilai apakah anak-anak mendapatkan persiapan yang memadai sebelum mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” Ujar Bunda PAUD Herawati Erwin Octavian.

Selama kunjungan, tim mengamati berbagai kegiatan belajar mengajar dan interaksi antara guru dengan murid, serta infrastruktur dan fasilitas yang disediakan oleh PAUD/TK. Observasi ini penting untuk memastikan bahwa setiap lembaga memiliki sumber daya yang cukup untuk mendukung pembelajaran dan pertumbuhan anak. Herawati dan timnya juga mengadakan dialog dengan pengelola dan guru di setiap lembaga untuk membahas tantangan yang mereka hadapi dan mendiskusikan cara-cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Kegiatan kunjungan ini sangat penting karena memberikan kesempatan bagi pemangku kepentingan dalam pendidikan anak usia dini untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dengan bekerja sama, mereka dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat PAUD/TK. Ini juga memungkinkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma untuk lebih memahami kebutuhan spesifik dari setiap lembaga dan memberikan dukungan yang lebih tepat sasaran.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Seluma, Herawati Erwin Octavian dan timnya berkomitmen untuk terus melaksanakan kunjungan semacam ini dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi para pengelola PAUD/TK. Dengan kegiatan yang terencana dan terkoordinasi ini, diharapkan semua anak usia dini di Kabupaten Seluma dapat menerima pendidikan yang berkualitas tinggi yang mempersiapkan mereka dengan baik untuk masa depan mereka. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *