Bazar UMKM Meriahkan HUT ke-144 Kota Curup, Kecamatan Curup Tengah Pamerkan Produk Lokal

Bazar UMKM Kota Curup
Foto: Camat Curup Tengah, Mardiana bersama Ketua Kelompok UMKM Kampung Jawa, Narsiati pada saat menampilkan Produk UMKM dari Kecamatan Curup Tengah, pada hari Jumat, (10/5/24).

Bazar UMKM Meriahkan HUT ke-144 Kota Curup, Kecamatan Curup Tengah Pamerkan Produk Lokal

KANTOR-BERITA.COM, REJANG LEBONG|| Pada perayaan HUT ke-144 Kota Curup, Kecamatan Curup Tengah turut memeriahkan Festival Budaya dan Bazar UMKM yang diselenggarakan di Lapangan Dwi Tunggal pada hari Jumat, 10 Mei. Di acara ini, Kecamatan Curup Tengah menampilkan stand yang memajang berbagai produk UMKM dari kelompok binaan Camat Curup Tengah, Mardiana, SKM, MM, khususnya dari Kampung Jawa.

Di Festival Budaya dan Bazar UMKM Kota Curup menampilkan Produk-produk yang ditawarkan sangat beragam, termasuk kue akar kelapo, rempeyek kacang tanah, kare-kare, dan juga jahe instan. Semua produk ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau, yaitu antara Rp10.000 hingga Rp20.000 per kemasan.

Ketua Kelompok UMKM Kampung Jawa, Narsiati, mengatakan bahwa kelompoknya terdiri dari 10 orang anggota. Mereka telah menerima bantuan peralatan masak dari pihak kelurahan yang dibiayai melalui dana BKK sebesar Rp100 juta dari bupati. Bantuan tersebut meliputi kuali, kompor, alat press plastik, dan spiner atau pengering minyak goreng.

“Dengan peralatan ini, usaha makanan ringan kami terus tumbuh dan berkembang,” ucap Narsiati, didampingi oleh Camat Curup Tengah, Mardiana.

Produk-produk makanan ringan ini dipasarkan melalui pedagang keliling dan dititipkan di warung-warung lokal. Narsiati juga menambahkan bahwa produksi dilakukan berdasarkan pesanan.

“Untuk saat ini, seluruh keuntungan yang kami peroleh kembali kami investasikan sebagai modal usaha, Kami berencana untuk membagi keuntungan kepada anggota hanya jika usaha ini sudah berkembang lebih besar,” jelasnya.

Menurut Narsiati, walaupun kelurahan telah memberikan bantuan alat, modal operasional masih tetap dihimpun dari anggota kelompok itu sendiri.

Di sisi lain, Camat Curup Tengah, Mardiana, menunjukkan bahwa bukan hanya Kelompok UMKM Kampung Jawa yang berinovasi dalam pengembangan produk kuliner. Ida Syakirun dari Desa Air Bang juga telah mengembangkan produk jahe instan yang dipamerkan di stand Curup Tengah.

“Produk ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu antara Rp5.000 hingga Rp20.000 per kemasan dan dikenal dengan manfaat kesehatannya yang beragam,” Ujar Mardian.

Acara ini menjadi salah satu cara untuk mengangkat dan mempromosikan produk-produk lokal UMKM, memberikan platform bagi pengusaha kecil untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan menginspirasi pengembangan lebih lanjut dalam komunitas bisnis lokal. Festival semacam ini tidak hanya menambah warna dalam perayaan kota tetapi juga membantu dalam pemberdayaan ekonomi lokal melalui dukungan terhadap usaha kecil dan menengah. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Hendra Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *