Asisten 1 Seluma Jadi Narsum Penguatan Kapasitas SDM dalam Pengawasan Pilkada 2024

Pengawasan Pilkada 2024
Foto: Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Seluma, H. Hendarsyah pada saat menjadi Narasumber Penguatan Kapasitas SDM dalam Pengawasan Pilkada 2024, Acara berlangsung di Hotel Rizky Tais pada Rabu (3/7/2024), (Ft/Ist).

Asisten 1 Seluma Jadi Narsum Penguatan Kapasitas SDM dalam Pengawasan Pilkada 2024

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA|| Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Seluma, H. Hendarsyah, S.IP, MT, menjadi narasumber pada Rapat Fasilitasi Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Pengawasan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Hotel Rizky Tais pada Rabu (3/7/2024).

Dalam materinya, Hendarsyah menyampaikan peran penting pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada serentak. Pemerintah harus menjamin ketersediaan anggaran, menjaga stabilitas politik dan keamanan, serta memberikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA: Bimtek Pengelolaan Keuangan Pilkada, Arif Gunadi Tekankan Netralitas ASN

“Pemerintah Kabupaten Seluma telah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp26 miliar kepada KPU, dan saat ini telah terealisasi sebesar 40%, yaitu Rp10,4 miliar, Selain itu hibah sebesar Rp9 miliar telah diberikan kepada Bawaslu, dengan realisasi 40%, atau Rp3,6 miliar,” ungkap Hendarsyah.

Hendarsyah juga menjelaskan bahwa Pemkab Seluma menganggarkan dana keamanan Pilkada kepada Polres Seluma sebesar Rp4 miliar, dengan realisasi Rp1,5 miliar, dan kepada Kodim 0425 Seluma sebesar Rp1,3 miliar yang sedang dalam proses realisasi. Pemerintah Kabupaten Seluma terus mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas dan menciptakan Pemilu yang damai. Tindakan ini sangat penting mengingat adanya sanksi tegas sesuai undang-undang yang berlaku bagi ASN yang melanggar.

BACA JUGA: Muhammad Mardiono: PPP Dorong Kader Maju Pilkada Serentak 2024 di Bengkulu

“Dalam setiap kesempatan, kami selalu menghimbau para ASN untuk menjaga netralitas mereka, Ada sanksi tegas sesuai dengan undang-undang bagi ASN yang melanggar netralitas ini,” lanjut Hendarsyah.

Hendarsyah juga menekankan pentingnya penguatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengawasan tahapan Pilkada. Pengawasan yang efektif adalah kunci untuk memastikan bahwa setiap tahap pemilihan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan kecurangan.

BACA JUGA: Bawaslu Mukomuko: Posko Pengaduan Data Pemilih untuk Pilkada 2024 di Buka

“Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengawasan sangat penting untuk menjamin integritas dan kredibilitas Pilkada, Kami perlu memastikan bahwa semua tahapan pemilihan diawasi dengan ketat dan sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Hendarsyah.

Selain itu, dalam rangka mendukung kelancaran Pilkada, Pemkab Seluma juga telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung, seperti sistem informasi pemilih yang akurat dan up-to-date. Data yang akurat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Seluma Lantik 606 PPS

“Kami terus berupaya memperbarui dan memvalidasi data pemilih secara berkala, Hal ini untuk memastikan bahwa semua warga yang berhak dapat terdaftar dan menggunakan hak pilih mereka tanpa hambatan,” jelas Hendarsyah.

Hendarsyah juga menyebutkan bahwa kolaborasi Pengawasan Pilkada antara pemerintah, KPU, Bawaslu, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai pemilihan yang adil dan transparan. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri; perlu adanya sinergi dengan berbagai pihak untuk memastikan kesuksesan Pilkada.

BACA JUGA: Disdukcapil Kota Bengkulu Maksimalkan Perekaman e-KTP untuk Pemilih Pemula Menjelang Pilkada

“Kita semua harus bekerja sama, mulai dari pemerintah, KPU, Bawaslu, hingga masyarakat, Hanya dengan kolaborasi yang baik kita bisa mencapai pemilihan yang adil, transparan dan berkualitas,” tegas Hendarsyah.

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam persiapan dan pelaksanaan tahapan Pilkada. Menurutnya, kerja keras dan dedikasi semua pihak akan berbuah manis dengan terciptanya Pilkada yang damai dan sukses.

BACA JUGA: Jelang Pilkada: KPU Seluma Lantik Panitia Pemilihan Kecamatan 2024

“Saya mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan Pilkada, Saya yakin dengan dedikasi dan kerja keras kita semua, kita akan mencapai Pilkada yang damai dan sukses,” tutur Hendarsyah.

Dalam penutupnya, Hendarsyah kembali menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Seluma untuk terus mendukung semua upaya yang diperlukan demi suksesnya Pilkada 2024. Dia mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kondusifitas dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung.

BACA JUGA: Tes CAT Calon PPS KPU Bengkulu Selatan, 1419 Peserta Ikuti Seleksi

“Pemerintah Kabupaten Seluma berkomitmen penuh untuk mendukung semua upaya demi suksesnya Pilkada 2024, Mari kita semua berpartisipasi aktif dalam menjaga kondusifitas dan ketertiban selama proses pemilihan ini,” tutup Hendarsyah. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *