Kominfo Pantau Kualitas Layanan Telekomunikasi SATRIA-1

KANTOR-BERITA.COM, JAKARTA – Kualitas layanan telekomunikasi, khususnya akses internet, yang disediakan Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 akan dipantau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“SATRIA-1 akan uji coba pada Desember 2023 dan Januari 2024 serta akan bisa melayani titik pelayanan publik. Untuk SATRIA-1 kami juga melakukan pemantauan kualitas layanan internet,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo (Dirjen PPI Kominfo), Wayan Toni Supriyanto, dalam keterangannya dari Orlando, Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu (17/6/2023).

Dirjen Wayan Toni mengatakan, SATRIA-1 akan memenuhi kebutuhan internet untuk mendukung layanan publik kesehatan, pendidikan dan pemerintahan.

Keberadaan SATRIA-1 akan melengkapi penyediaan akses internet Base Transceiver Station (BTS) dan jaringan kabel serat optik Palapa Ring.

“Melalui Pusat Monitoring Nasional, Kominfo juga akan melakukan pemantauan kualitas layanan. Terutama sinergi layanan dari BTS dan Palapa Ring,” kata Wayan Toni.

Menurut Dirjen Dirjen Wayan Toni, SATRIA-1 menjadi satelit pertama milik pemerintah setelah privatisasi sektor telekomunikasi satelit yang dilakukan pada 1980-an silam.

Kehadiran satelit multifungsi yang dibangun dengan cara Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini diharapkan akan menjadi tonggak sejarah dalam penyediaan layanan kepada masyarakat oleh pemerintah.

“Sejak Sistem Komuniaksi Satelit Domestik di 70-an, Indonesia beralih ke privatisasi sehingga selama ini penyelenggara satelit dari sektor swasta,” jelas Dirjen PPI Kominfo.

Lebih lanjut Dirjen Wayan Toni mengungkapkan, Kementerian Kominfo juga akan meluncurkan satelit lainnya jika SATRIA-1 berhasil mengorbit.

Peluncuran satelit itu merupakan bukti komitmen Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet di seluruh Indonesia.

“Akan ada satelit selanjutnya, namun sangat bergantung dari keberhasilan SATRIA-1 (mengorbit). Bahkan Kominfo juga sudah menyiapkan Hot Backup Satellite yang akan meluncur akhir tahun ini,” tandas Wayan Toni.(**)

Editor: (kb1) Share
Foto: Humas Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *